Apa itu IP ???

Posted by Odilio arys hafidh aziz On Senin, 31 Desember 2012 0 komentar



Berikut sedikit penjelasan yang saya dapatkan dari Wikipedia.org

Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.

Apa Fungsi IP ???

Berikut beberapa fungsi umum IP yang saya dapatkan dari Kang Deden

1.   Pengalamatan
2.   Fragmentasi datagram pada antar jaringan
3.   Pengiriman datagram pada antar jaringan
4.   Transport layer /host to host


Mungkin hanya begitu saja jika kalian mencari bagaimana caranya mengenali fungsi IP, sebenarnya sebagai manusia kita harus berfikir lebih jauh dan tidak harus terus terpaku pada pola umum. Manusia memiliki kinerja berfikir yang berbeda-beda sehingga menjadikannya makhluk cerdas dan kreatif meskipun kadang kecerdasan manusia itu digunakan untuk hal yang tidak benar, melainkan dibenar-benarkan seperti halnya topologi koneksi jaringan yang bisa diubah-ubah hehehe.

Sekarang waktunya saya ingin berbagi seputar fungsi menyembunyikan alamat IP, setelah melakukan sedikit pengenalan tentang IP pada tulisan diatas. Lantas apa lagi fungsi IP selain sebagai pengalamatan ???

Dari sini kita bisa berfikir bahwa alamat adalah data yang penting untuk diketahui oleh seseorang bahkan untuk diri kita sendiri. Alamat IP tidak bedanya dengan alamat rumah, misal jika anda akan mendapatkan kiriman barang, maka sebelumnya si pengirim barang dan penyedia jasa layanan pengiriman barang harus mengetahui alamat anda. Begitupun alamat IP (IP address), IP biasanya berfungsi untuk mengetahui letak dimana seseorang itu berasal, bahkan karena mudahnya melacak lokasi IP terkadang IP bisa dijadikan sasaran para hacker untuk mendapatkan informasi (katanya sih begitu menurut beberapa situs aplikasi Hidden IP).

Berikut ini alasan mengapa kita harus menyembunyikan alamat IP kita,  yang saya dapatkan dari Easy Hide IP

Why should I Hide my IP?
Your IP address can link your internet activities directly to you, it can be used to find your name and address. Easy Hide IP edition protects your online identity by hiding your IP address and giving you a new one.

Sedikit kutipan tentang arti tulisan diatas, "alamat IP kalian dapat menghubungkan aktifitas internetsecara langsung, alamat IP ini dapat digunakan untuk menemukan nama dan alamat anda."

Lalu Fungsi Menyembunyikan IP Lainnya ???

Ada, tapi ini sangat tidak dianjurkan bagi anda untuk mencobanya, karena hal ini bisa jadi malah merugikan anda. Ini dia fungsi menyembunyikan alamat IP :

1.   Menyembunyikan IP anda bisa berguna untuk menjadikan sebuah proteksi bagi diri anda yang memang sering ingin mengacak acak privasi orang lain, sehingga ketika dilihat di recent activity atau aktivitas baru maka akan terlihat IP lain dan informasi yang palsu. Sehingga akan membuat anda lebih aman berbuat iseng hahaha.

2.   Anda mencari uang di internet ??? Dibayar jika ada yang click iklan tersebut, atau biasa disebut iklan PPC (Pay Per Click). Tentu jika tidak ada yang melakukan click balance/ penghasilan anda mungkin hanya dapat sedikit atau bahkan $0.0. Gunakan Hidden IP untuk memalsukan IP anda, agar jika anda melakukan click sendiri tidak terkena click fraud/ click palsu. Jika ingin mencoba silahkan, jika anda terkena BANNED tanggung sendiri akibatnya, karena saya tidak menganjurkannya.

3.   Menyembunyikan IP juga berfungsi untuk memulihkan IP yang di blokir/ block. Kasus yang saya alami, IP saya diblock oleh tinypic sehingga tidak bisa upload gambar. Tapi dengan cara menyembunyikan IP asli, saya bisa upload gambar ke tinypic.

Saya rasa hanya tiga itu saja fungsi lain dari menyembunyikan alamat IP, jika ada yang salah bisa dibenerin koq hahaha. Gue kan bukan orang pinter, cuma mau belajar hahaha.
comments powered by Disqus