Asal mula kata Genuk(semarang)

Posted by Odilio Brein Krueznch On Sabtu, 24 September 2011 0 komentar
SEJARAH
Sejarah kali ini akan membahas sebuah kecamatan yaitu genuk,semarang.
Genuk terletak di sebuah kota semarang yang terletak di sebelah timur dari pusat kota semarang.
Letak geografis genuk adalah :
Timur   :kab.Demak
Barat    :kecamatan gayamsari
Selatan: kecamatan pedurungan
Utara    : pulau jawa
Genuk selalu di lintasi oleh pekerja maupun buruh dari luar kota semarang. Pada waktu waktu jam 6an sudah sangat rayap oleh kendaraan bermotor.pada sorenya pun tak kalah karena arus baliknya pun juga padat.
Legenda kata genuk
Genuk berasal dari kata bahasa jawa yaitu gentong
Ceritanya:
Suatu hari Sunan kali jaga bersama ajudanya pergi kearah barat dari kota demak untuk mendirikan pondok persantren baru/pemukiman baru lha pas dia disana bersama ajudanya.
Ajudannya sangat haus dan ingin memebersihkan drinya dgn air lalu sunan kali jaga memberi petunjuk kepada ajudanya. Ajudan pun di beri petunjuk untuk mnghampiri sebuah gentong lalu
saat ia melihat gentong tersebut tiba2 muncul air yang banyak dan ketika ajudanya menoleh kedepan ia melihat betapa indahnya pemandangan tersebut lalu suna kali jaga pun berkata pada seseorang tersebut(ajudanya) ini tempat yang indah dan disini ada sebuah genuk(gentong) maka tempat ini ku beri nama genuk sari yang artinya gentong yang ada di tempat yang indah.
Oleh sebab itu maka orang2 pun menyebut sebuah daerah itu bernama  Genuk.
Namun antara benar atau tidak konon tempat yang di sebut itu ada di tempat di genuksari yang sekarang di bangun toko bangunan terletak di dekat pasar genuk ke arah banjardowo. Namun orang2 genuk seakan lupa bahwa ada sejarah yang tersimpan dalam sekitar tempat itu.
Sekian….
Sumber:kata nenek neneknya lagi temen sd saya yang di ceritakan di depan kelas pada waktu sd.
comments powered by Disqus